Bekerja adalah salah satu aktivitas rutin setiap individu. Durasinya yang hampir setengah dari waktu kita dalam satu hari, dan bahkan bagi sebagian orang lebih dari itu, membuat rasa jenuh mudah menghampiri. Jika tidak pandai-pandai mengelolanya, jenuh bekerja bisa menjadi bumerang.

Agar pekerjaan tidak mudah membuat jenuh, ada beberapa hal yang dapat kita siasati, diantaranya:

Membuat Komunitas
Teman memang selalu dapat membuat kita senang di kala susah, juga bersemangat di kala lunglai. Begitu kita memasuki suatu perusahaan. Buatlah suatu komunitas dengan teman-teman kita, agar pertemuan dan perkumpulan kita menjadi lebih bermakna, bernilai positif, dan bahkan bisa menjadi produktif.

Mengatur Pekerjaan
Mengatur ritme pekerjaan juga bisa menghindari kita dari jenuh bekerja. Jika kita sedang memiliki lebih dari satu tugas, kerjakanlah tugas-tugas tersebut secara bergantian, tapi jangan sampai mengganggu konsentrasi kita pada pekerjaan tertentu. Juga manfaatkanlah waktu istirahat sebaik-baiknya. Pada saat jam istirahat, kita harus meninggalkan pekerjaan. Dan kembalilah bekerja setelah jam istirahat usai.

Games
Bila kita difasilitasi dengan komputer di tempat kerja, bila kita jenuh cobalah bermain games ringan. Setidaknya cara ini bisa merilekskan pikiran. Selektiflah memilih games yang bisa membuat kita lebih segar dan rileks kembali sebelum melanjutkan pekerjaan.

Membaca Buku
Simpanlah selalu buku di laci meja kerja. Jika kita sedang jenuh bekerja, buku ini bisa menjadi penolong. Jadi, pilihlah buku yang bisa menyegarkan kembali pikiran, untuk kita simpan di sini. Apabila kita pengguna jasa transportasi umum, bawa juga buku saku di dalam tas, untuk dibaca selama perjalanan.

Berlibur
Jika kita masih memliliki jatah cuti, ambillah dan manfaatkan. Sampaikan terus terang pada atasan bahwa kita sedang jenuh dan membutuhkan rehat untuk menyegarkan pikiran. Pergilah ke tempat yang bisa menyegarkan pikiran kita dengan membawa serta keluarga.

Mencari Informasi
Banyak hal berkaitan dengan pekerjaan kita yang sedang terjadi di luar sana. Jangan biarkan sempitnya ruang lingkup perusahaan menjadi salah satu sumber rasa jenuh bekerja. Kembangkan pengetahuan dan kemampuan kita dalam melakukan pekerjaan. Carilah di internet, informasi mengenai ilmu apa yang sedang trend dalam jenis pekerjaan kita.

Selamat mencoba.

Sumber : AnneAhira.com

Copyright © 2012 Joesby.blogspot.com / Template by : Urang Kurai